Kenapa harus daftar dirjen HAKI

Kenapa harus daftar dirjen HAKI harus dapat ditemukan jawabannya. Sebab, di Indonesia kesadaran mengenai pentingnya penghargaan terhadap kekayaan intelektualitas seseorang masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya pembajakan yang terjadi. Selain itu, upaya untuk mendapatkan perlindungan terhadap hasil karya pribadi pun masih belum cukup popular dikalangan masyarakat, terutama bagi mereka yang tinggal jauh dari perkotaan.

Kenapa harus daftar dirjen HAKI

Perlu diketahui bahwa Hak Kekayaan Intelektual, atau biasa di kenal dengan HAKI merupakan hak eksklusif yang dimiliki oleh si pencipta yang mana hasil karyanya lahir dari intelektualitas yang ia miliki.
Karena, dengan memiliki HAKI berarti anda memiliki hak eksklusif untuk melakukan apapun terhadap hasil karya anda, termasuk memonopoli dan mengkomersilkannya. Contohnya ada tiga hak yang termasuk ke dalam HAKI, yaitu hak cipta, hak paten, dan hak merek.

Hak cipta yang dilindungi adalah ciptaan yang meliputi bidang ilmu pengetahuan, seni dan sastra. Misalnya seperti buku, ceramah, tarian, program komputer, dan sebagainya yang masih orisinil. Jika anda tidak mendaftarkan ciptaan anda, maka orang lain bisa dengan bebas mengopi tanpa mendapatkan ijin atau membayar royalti kepada anda sebagai pencipta, atau bahkan yang paling buruk adalah hasil karya anda akan diklaim sebagai milik orang lain.

Kenapa harus daftar dirjen HAKI indonesia

Oleh karena itu, jika anda memiliki HAKI, anda bisa mengopi atau memperbanyak hasil karya anda dan menjualnya tanpa terhalang oleh hukum. Anda juga dapat secara bebas mengembangkan karya pertama anda sebagai ide dasar menjadi ide lanjutan sehingga tercipta karya baru lainnya tanpa terjerat tuntutan karena dianggap telah mengadaptasi ciptaan orang lain. Selain itu, anda juga bisa secara leluasa memamerkan dan mempublikasikan hasil karya anda di depan umum, baik melalui jaringan internet maupun dalam setiap pertunjukan atau pagelaran, dengan mengatas-namakan anda sebagai pencipta karya tersebut.

Kemudian, jika anda memiliki HAKI pada karya anda tersebut, anda juga bisa menjual atau bahkan mengalihkan hak eksklusif anda kepada orang lain. Untuk memperolehnya, anda bisa mendaftarkannya melalui konsultan HAKI kami. Intinya adalah, jika anda tidak memiliki HAKI, maka akan sulit bagi anda untuk mengklaim kepemilikan terhadap karya anda sendiri dan sulit juga dalam hal penegakan hukum bila anda merasa terjadi pelanggaran oleh pihak lain.

Jadi, jika anda memiliki HAKI, anda dapat melakukan upaya hukum baik perdata maupun pidana bagi pihak-pihak yang anda anggap telah mengusik karya anda, misalnya seperti menggunakan karya anda atau bahkan mengambil keuntungan ekonomi tanpa ijin dari anda.

Berikan penilaian :
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Leave a Reply