Karya cipta musik

Karya cipta musik memang sedang dirundung duka, pasalnya penjualan album berupa CD akhir-akhir ini semakin merosot. Tak ayal hal ini membuat beberapa musisi harus berpikir keras bagaimana untuk mengatasinya. Sayangnya, masih tak ada kejelasan dari pemerintah yang berinisiatif permasalahan satu ini. Bila dibiarkan terus menerus seperti ini, bukan tidak mungkin musisi pun enggan untuk memperjualbelikan karya mereka di dalam negeri.
Karya cipta musik sebenarnya tak boleh disepelekan begitu saja. Hal ini dikarenakan kreativitas anak bangsa yang sulit untuk didapatkan di masa mendatang. Oleh karena itu, sudah seharusnya lah para musisi juga sadar untuk mendaftarkan lagu yang mereka ciptakan.

Langkah ini dirasa perlu karena bagaimanapun lagu adalah proses kreatif yang harus dilindungi. Pembajakan adalah salah satu cara nyata bahwa pelanggaran hak cipta masih marak di tengah masyarakat. Alasan paling mudah mengapa CD bajakan jauh lebih laris manis ketimbang CD asli pastinya adalah permasalahan harga. Padahal kalau kita mau menilik ke dalam lagi, proses kreativitas memang memiliki bayaran yang tak ternilai harganya. Inilah yang mendasari mengapa beberapa perusahaan rekaman membandrol dengan harga yang berkali-kali lipat dari CD bajakan.

Minimnya perhatian pemerintah akan hal ini juga tidak bisa disepelekan. Aparat penegak hukum memiliki kewajiban utama untuk memberantas peredaran CD bajakan yang sangat meresahkan para musisi dan pencipta lagu nasional. Bukan hanya lagu saja ternyata yang bisa disalahgunakan, karya tulis pun demikian. Semakin modernnya perkembangan teknologi, semakin mudah pula beberapa oknum untuk menyalahgunakan karya tulis pihak tertentu. Kalau sudah begini, pastinya para pemilik asli karya tulis maupun musik akan merasa dirugikan.

Pasalnya merekalah yang berusaha keras untuk menelurkan karya, tetapi orang lain yang menikmati limpahan royalty serta bayarannya. Sulit memang untuk mengungkap bahkan menuntut pihak tersebut jika penciptanya sendiri saja belum mendaftarkan karya tersebut. Jika salah satu dari kita ingin menggunakan atau menyebarluaskan karya cipta musik maupun tertulis, pastinya harus meminta izin dengan penciptanya langsung.

Hal ini untuk menghindari adanya tuntutan serta ancaman denda yang harus dibayarkan oleh pengguna kepada pencipta. Itupun bisa dilakukan jika si pencipta memiliki surat keterangan hak cipta yang telah disahkan. Kasus seperti ini bukan hal sepele lagi yang bisa dipandang sebelah mata. Masyarakat harus lebih sadar akan pentingnya hak paten untuk sebuah karya yang mereka hasilkan. Apalagi cara mendaftarkan hak cipta pun sudah tidak sulit, bahkan bisa dilakukan secara online melalui Konsultan HKI kami.

Berikan penilaian :
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Leave a Reply